Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Fungsi dan Tugas Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT)



Keberadaan Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT)(LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT)) semakin dikuatkan sebagai lembaga permusyawaratan di tingkat Gampong. Penguatan LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) merupakan amanah dari UU Gampong.

Secara yuridis, tugas Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT) mengacu kepada regulasi Gampong yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Gampong.

Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT) atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Gampong berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Dalam upaya meningkatkan kinerja kelembagaan di tingkat Gampong, memperkuat kebersamaan, serta meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Gampong dan Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT) memfasilitasi penyelenggaraan Musyawarah Gampong.

Pemilihan anggota LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) dilakukan secara demokratis, yakni dipilih dari dan oleh penduduk Gampong yang memenuhi persyaratan calon anggota LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT).

Dalam Permendagri No.110/2016 Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT)mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Gampong bersama Keuchiek, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Gampong, dan melakukan pengawasan kinerja Keuchiek.

Selain melaksanakan fungsi diatas, Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT)juga mempunyai tugas sebagai berikut..

Tugas Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT):
  1. Menggali aspirasi masyarakat;
  2. Menampung aspirasi masyarakat;
  3. Mengelola aspirasi masyarakat;
  4. Menyalurkan aspirasi masyarakat;
  5. Menyelenggarakan musyawarah LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT);
  6. Menyelenggarakan musyawarah Gampong;
  7. Membentuk panitia pemilihan Keuchiek;
  8. Menyelenggarakan musyawarah Gampong khusus untuk pemilihan Keuchiek antarwaktu;
  9. Membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Gampong bersama Keuchiek;
  10. Melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Keuchiek;
  11. Melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Gampong;
  12. Menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Gampong dan lembaga Gampong lainnya; dan melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.
Tugas Lembaga Tuha Peut Gampong (TUHA PEUT) tersebut, termuat dalam Bagian Kedua Pasal 32 Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) .