Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Liputan Juli Tambo Tanjong: 12 Hektar Sawah Alami Kekeringan


Juraganberdesa---Akibat jaringan terowongan irigasi induk Pante Lhong di kawasan Desa Blang Keutumba Kecamatan Juli masih dalam perbaikan, menyebabkan 12 hektar sawah di Gampong Juli Tambo Tanjong Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, mengalami kekeringan. Akibatnya, tanaman padi terancam gagal panen.

Berdasarkan penuturan Syahrizal Husen salah seorang petani kepada penulis Minggu 30/07/2017 sebagian masyarakat Gampong Juli Tambo Tanjong menanam padi dengan memanfaatkan air rembesan untuk mengairi air ke sawah dan saat ini air rembesan hampir habis karena banyaknya petani yang mengairi air ke sawah.

Menurut Syahrizal, sawah yang mereka garap musim tanam tahun ini sangat bergantung pada air rembesan dan turunnya hujan mengingat irigasi sedang dalam proses perbaikan. “Irigasi sedang rusak. Kalau ada irigasi, air lancar ke sawah kami,” ujarnya.

Akibat tidak adanya hujan, tanaman padi di kawasan itu terancam gagal panen. “Padi terancam mati. Kalau hujan turun, insya Allah petani bisa menikmati hasil panen,” katanya.