Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018


Dalam BAB IV Pasal 29 Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 merupakan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa yang sebelumnya diatur melalui Peraturan Nomor 113 Tahun 2014 dijelaskan bahwa Pengelolaan keuangan Desa meliputi:
  1. perencanaan;
  2. pelaksanaan;
  3. penatausahaan;
  4. pelaporan; dan
  5. pertanggungjawaban.
Selanjutnya dalam Pasal 30 Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 merupakan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa yang sebelumnya diatur melalui Peraturan Nomor 113 Tahun 2014 dijelaskan bahwa Pengelolaan keuangan Desa dijelaskan bahwa:
  1. Pengelolaan keuangan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dilakukan dengan Basis Kas.
  2. Basis Kas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan pencatatan transaksi pada saat kas diterima atau dikeluarkan dari rekening kas Desa.
  3. Pengelolaan keuangan Desa dapat dilakukan dengan menggunakan sistem informasi yang dikelola Kementerian Dalam Negeri. 
Demikianlah penjelasan tentang Pengelolaan Keuangan Desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 merupakan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa yang sebelumnya diatur melalui Peraturan Nomor 113 Tahun 2014. Semoga Tulisan Ini Bermanfaat. Salam Juragan Berdesa..