Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Berita Acara Serah Terima Penyertaan Modal BUMDes Terbaru

Contoh Berita Acara Serah Terima Penyertaan Modal BUMDes Tahun 2020

Pada kesempatan ini, admin blog juragan berdesa akan mencoba berbagi tentang Contoh Berita Acara Serah Terima Penyertaan Modal BUMDes Tahun 2020. Nah untuk sekedar kita pahami bahwa, Secara umum ada 2 (dua) jenis penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yaitu:

  1. penyertaan modal dalam bentuk uang / dana; dan
  2. penyertaan modal dalam bentuk aset.
Apa Sih Perbedaan Keduanya?

Penjelasan tentang Penyertaan Modal Dalam Bentuk Uang / Dana

Penyertaan modal dalam bentuk dana/uang ialah pemindahtangan uang /dana yang semula merupakan kekayaan yang tidak dipisahkan menjadi kekayaan yang dipisahkan untuk diperhitungkan sebagai modal Desa dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Penjelasan tentang Penyertaan Modal Dalam Bentuk Aset

Yang dimaksud Penyertaan modal dalam bentuk aset adalah pemindahtangan aset Desa yang semula merupakan kekayaan yang tidak dipisahkan menjadi kekayaan yang dipisahkan untuk diperhitungkan sebagai modal Desa dalam BUMDes. Contohnya seperti Pasar Desa, Tanah Kas Desa, dan inventaris aset milik Desa lainnya.

Penjelasan di atas merupakan dua jenis penyertaan modal yang diterapkan oleh Desa untuk penguatan BUMDes. Artinya, kalau bukan penyertaan modal dana/uang, pasti penyertaan modal berupa aset.

Oleh Karena itulah maka dalam proses penyerahan-nya yang dituangkan dalam berita acara juga perlu menyesuaikan jenis penyertaannya.

Maka benar saja, dalam review (ulasan) ini Admin Blog Juragan Berdesa akan membagikan 2 contoh format kepada Sahabat Juragan Berdesa sesuai jenis penyertaan modalnya:

  1. berita acara penyerahan dana BUMDes; dan
  2. berita acara serah terima aset BUMDes.
Sebenarnya, penjelasan ini merupakan kelanjutan dari format administrasi BUMDes yang sudah Admin ulas sebelumnya, yakni:

Siapa sajakah pihak-pihak yang terlibat dalam proses serah terima penyertaan modal ini?
  • Kepala Desa bertindak sebagai Pihak yang menyerahkan (Penyerah/Pemberi) mewakili Pemerintah Desa;
  • Direktur BUMDes bertindak sebagai Pihak yang menerima (Penerima) mewakili pengurus/pengelola BUMDes; dan
  • Pengawas BUMDes.
Untuk apakah berita acara ini?

Berita acara (BA) serah terima penyertaan modal BUMDes sangat penting sebagai bukti legal atas transaksi dari Pemerintah Desa kepada BUMDes. Selain itu juga sebagai salah satu dokumen dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) keuangan dan aset Pemerintah Desa maupun keuangan dan aset BUMDes, disamping dokumentasi serah terimanya dan kwitansi pembayaran sebagai lampiran-nya.

Selengkapnya: Silahkan Anda Download berikut ini:

Contoh Berita Acara Penyerahan Dana Penyertaan Modal BUMDes Tahun 2020. DOWNLOAD DISINI

Berita Acara Serah Terima Aset Desa ke BUMDes. DOWNLOAD DISINI